Langsung ke konten utama

Amplang Cemilan Yummy Dari Kalimantan Timur

Bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan timur, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencoba kulinernya. Salah satunya ialah Amplang.

Apakah Amplang itu? Yuk kita cari tahu !
Amplang adalah salah satu jajanan atau kudapan dari Kalimantan timur berupa krupuk yang terbuat dari ikan. Sama mirip kerupuk ikan lainnya, Amplang mempunyai rasa ikan yang kental dan gurih. Namun bentuk dari Amplang lonjong dan kecil sebesar jari tangan. Amplang merupakan salah satu kudapan yang terkenal, tidak hanya di Kalimantan timur, bahkan hingga beberapa daerah di Kalimantan memproduksi kuliner khas satu ini.

Pada proses pembuatannya, Amplang di terbuat dari adonan tepung tapioka, bumbu rempah, dan  ikan tengiri atau ikan sungai lainnya. Amplang di Kalimantan timur sendiri awalnya hanya terbuat dari ikan tengiri dan ikan pipih yang gampang di dapatkan di sungai Mahakam Kalimantan timur. Adonan ikan tersebutlah yang menunjukkan rasa gurih dan enak. 

Dalam perkembanganya, Amplang tidak hanya terbuat dari ikan tengiri atau ikan pipih, banyak juga yang memakai ikan haruan atau ikan gabus sebagai bumbu dasarnya. Namun materi dasar tersebut sangat mensugesti cita rasa dari Amplang yang di buat. 

Gambar : Bentuk amplang
Dalam perkembangannya Amplang mempunyai banyak sekali jenis yang patut di coba, salah satu yang terkenal ialah Amplang kuku macan. Amplang jenis ini bukan berarti terbuat dari kuku macan, tapi bentuknya yang mirip kuku macan. Ada juga banyak sekali rasa mirip rasa pedas, gurih dan rasa bawang. Selain itu jenis Amplang juga terlihat dari materi dasarnya, ada yang terbuat dari ikan tengiri, ikan pipih dan ikan haruan. Semua itu mempunyai rasa yang berbeda dan patut untuk di coba.

Jika anda berkunjung ke Kalimantan timur, kudapan satu ini merupakan kuliner yang wajib di cicipi. Makanan ini sanggup kita temukan di setiap sudut daerah di Kalimantan timur terutama di samarinda. Selain di makan di sana, kita juga sanggup menjadikannya sebagai oleh – oleh sebab Amplang merupakan kuliner kering yang tahan lama. Tidak hanya di Kalimantan timur, Amplang juga sanggup di temukan di banyak sekali daerah di Kalimantan mirip di Kalimantan selatan, Kalimantan tengah dan Kalimantan barat. Makanan ini menjadi terkenal dan menyebar luas di Kalimantan sebab rasanya yang khas dan di gemari. Kurang lengkap kalau berkunjung di Kalimantan tanpa merasakan kuliner satu ini.

Nah, cukup sekian pengenalan wacana Amplang masakan khas dari Kalimantan timur. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah acuan anda wacana kuliner khas di Indonesia

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER KHAS INDONESIA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan kuliner jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya yakni Pecel Semanggi .  Apakah Pecel Semanggi itu? Pecel Semanggi yakni kuliner tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis kuliner pecel namun materi dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya . K arena memakai materi dasar daun semanggi dan bumbu yang dipakai terbuat dari ketela rambat sehingga mempunyai cita rasa yang khas.  Selain di Surabaya , Pecel Semanggi juga terdapat di kawasan lain di Jawa Timur , menyerupai di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan yakni dari bumbu dan materi pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel memakai bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang memakai ketela rambat sebagai materi dasarnya. Sehingga mempunyai rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan materi menyerupai kecambah dan kerupuk puli / kerup

Tari Muang Sangkal Tarian Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer dari Madura, Jawa Timur. Namanya yaitu Tari Muang Sangkal . Apakah Tari Muang Sangkal itu? Tari Muang Sangkal yaitu salah satu tarian tradisional masyarakat Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya. Tarian ini sering ditampilkan di banyak sekali program ibarat penyambutan tamu besar dan banyak sekali program susila lainnya. Tari Muang Sangkal ini merupakan tarian tradisional yang sangat populer dan menjadi salah satu icon seni tradisional dari Madura, Jawa Timur . Sejarah Tari Muang Sangkal Tari Muang Sangkal ini diciptakan oleh seorang seniman asal Sumenep, Madura, Jawa Timur berjulukan taufikurrachman. Tarian ini diciptakan sebagai rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang sarat akan karya dan keunikan didalamnya. Selain itu juga mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada jaman dahulu. Nama Tari Muang Sa

Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya yaitu Dawet Jabung . Apakah Dawet Jabung itu? Dawet Jabung yaitu minuman tradisional homogen dawet yang berasal dari kawasan Ponorogo, Jawa Timur . Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati ketika udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Ponorogo dan menjadi salah satu adegan dari masakan khas disana. Asal Dawet Jabung Minuman ini disebut Dawet Jabung sebab kawasan asalnya berjulukan Desa Jabung , yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo . Selain merupakan kawasan asal Desa Jabung juga populer sebagai pusat penjualan Dawet Jabung, sebab banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini