Langsung ke konten utama

Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya yaitu Dawet Jabung.

Apakah Dawet Jabung itu?

Dawet Jabung yaitu minuman tradisional homogen dawet yang berasal dari kawasan Ponorogo, Jawa Timur. Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati ketika udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Ponorogo dan menjadi salah satu adegan dari masakan khas disana.

Asal Dawet Jabung

Minuman ini disebut Dawet Jabung sebab kawasan asalnya berjulukan Desa Jabung, yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Selain merupakan kawasan asal Desa Jabung juga populer sebagai pusat penjualan Dawet Jabung, sebab banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini banyak dikenal oleh banyak orang, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung kesana.

Keistimewaan Dawet Jabung

Dawet Jabung ini bila dilihat sekilas hampir menyerupai dengan dawet pada umumnya, namun bila di rasakan akan terasa sedikit berbeda. Yang membedakan Dawet Jabung dengan dawet lainnya terletak pada perpaduan rasa bagus dan gurih pada kuahnya. Berbeda dengan dawet di kawasan lain yang kebanyakan hanya memakai santan sebagai pencipta rasa gurihnya. Pada Dawet Jabung ini selain memakai santan, juga ditambahkan sedikit garam sehingga membuat rasa yang khas pada minuman satu ini. Selain itu Dawet Jabung ini juga tidak memakai pewarna kuliner pada cendolnya, sehingga warna putih sangat secara umum dikuasai pada tampilan Dawet Jabung ini.

Pengolahan Dan Penyajian Dawet Jabung

Cendol yang dipakai pada Dawet Jabung ini terbuat dari tepung aren yang lalu diolah menjadi cendol pada umumnya. Cendol tersebut lalu disajikan dengan kuah yang terdiri dari kuah satan kelapa muda, kuah gula merah dan ditambahkan garam. Untuk memperkaya rasa dari Dawet Jabung ini maka ditambahkan menyerupai irisan buah nangka dan tape ketan. Kemudian tidak lupa ditambahkan juga es kerikil sebagai peyegar.

Cita Rasa Dawet Jabung

Dawet Jabung ini mempunyai cita rasa yang khas dan menyegarkan. Perpaduan rasa bagus dan sedikit asin pada kuahnya tentu menawarkan cita rasa tersendiri pada minuman satu ini. Selain itu, penambahan irisan nangka dan tape ketan ini menawarkan sensasi tersendiri ketika kita menyantapnya. Dawet Jabung ini sangat cocok disajikan dalam keadaan cuek dan dinikmati pada siang hari yang panas.

Tempat Kuliner Dawet Jabung

Dawet Jabung ini sangat gampang kita temukan di Ponorogo, Jawa Timur. Salah satu pusat penjualan Dawet Jabung ini yaitu di Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Ponorogo.Di sepanjang jalan di sana banyak terdapat warung es Dawet Jabung ini. Peminat Dawet Jabung ini tidak hanya dari masyarakat lokal, banyak juga wisatawan yang menyempatkan diri untuk menikmati minuman tradisional ini. nah bagi anda yang berkunjung ke Ponorogo, tentu kurang lengkap bila belum menikmati minuman satu ini.

Sekian pengenalan wacana “Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda wacana kuliner tradisional di indonesia.

YUK CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL DI INDONESIA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan kuliner jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya yakni Pecel Semanggi .  Apakah Pecel Semanggi itu? Pecel Semanggi yakni kuliner tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis kuliner pecel namun materi dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya . K arena memakai materi dasar daun semanggi dan bumbu yang dipakai terbuat dari ketela rambat sehingga mempunyai cita rasa yang khas.  Selain di Surabaya , Pecel Semanggi juga terdapat di kawasan lain di Jawa Timur , menyerupai di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan yakni dari bumbu dan materi pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel memakai bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang memakai ketela rambat sebagai materi dasarnya. Sehingga mempunyai rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan materi menyerupai kecambah dan kerupuk puli / kerup

Tari Muang Sangkal Tarian Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer dari Madura, Jawa Timur. Namanya yaitu Tari Muang Sangkal . Apakah Tari Muang Sangkal itu? Tari Muang Sangkal yaitu salah satu tarian tradisional masyarakat Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya. Tarian ini sering ditampilkan di banyak sekali program ibarat penyambutan tamu besar dan banyak sekali program susila lainnya. Tari Muang Sangkal ini merupakan tarian tradisional yang sangat populer dan menjadi salah satu icon seni tradisional dari Madura, Jawa Timur . Sejarah Tari Muang Sangkal Tari Muang Sangkal ini diciptakan oleh seorang seniman asal Sumenep, Madura, Jawa Timur berjulukan taufikurrachman. Tarian ini diciptakan sebagai rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang sarat akan karya dan keunikan didalamnya. Selain itu juga mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada jaman dahulu. Nama Tari Muang Sa