Langsung ke konten utama

Kuliner Nusantara - Gulai

Gulai merupakan salah satu kuliner yang tersebar luas di Indonesia. Beberapa jenis gulai yang populer yaitu gulai ayam, gulai kambing dan gulai sapi.
Gulai yaitu kuliner yang berbahan daging atau sayuran dengan bumbu yang kaya akan rempah - rempah. 


Pada awalnya gulai merupakan kuliner yang  berasal dari sumatera, namun seiring perkembangan gulai mulai tersebar luas ke seluruh penjuru nusantara. Menurut beberapa sumber referensi, gulai merupakan hasil perpaduan kuliner india yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu kari. Ya, sanggup di katakan gulai merupakan Karinya Indonesia.

Pada pembuatannya,  gulai terbuat dari bumbu berbahan rempah rempah menyerupai kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu bagus dan jintan yang dihaluskan, dicampur, lalu dimasak dalam santan. Untuk materi baku yang di buat biasanya berbeda beda, namun yang biasanya di gunakan yaitu daging ayam, kambing, sapi, aneka ikan,dan jeroan. Atau sanggup juga memakai sayuran menyerupai nangka muda dan daun singkong. Semua itu dimasak dalam kuah yang berbumbu aneka rempah tadi. Gulai mempunyai ciri khas pada bumbu dan kuahnya yang berwarna kuning dari hasil dari kunyit yang memperlihatkan cita rasa yang gurih dan lezat.

Di Indonesia sendiri  setiap kawasan mempunyai ciri gulai yang berbeda – beda. Di beberapa kawasan di sumatera menyerupai minangkabau dan aceh, kuah gulai disana mempunyai tekstur yang kental . Berbeda menyerupai di jawa, kuah gulai di jawa kebanyakan mempunyai tekstur yang lembut atau cair. Perbedaan lain juga terdapat pada materi yang di buat. Pada gulai ayam biasanya mempunyai tekstur kuah dan dengan cita rasa yang lembut dan gurih. Berbeda dengan gulai daging sapi dan kambing yang mempunyai aroma dan tekstur daging yang sedikit kasar, sehingga membutuhkan bumbu yang mempunyai cita rasa yang berpengaruh biar  dapat menyeimbangkan  dengan aroma dan tekstur dagingnya. 

Tentunya setiap materi baku yang di buat mempunyai cara memasak dan resep yang berbeda. 
Selain gulai ayam, gulai kambing dan gulai sapi, masih banyak variasi gulai yang sudah di kembangkan dan patut untuk di coba. Diantaranya menyerupai gulai ikan, gulai jeroan, dan banyak sekali gulai yang terbuat dari sayuran menyerupai daun singkong dan nangka muda. Selain materi yang di buat berbeda, namun juga mempunyai cita rasa yang berbeda. Gulai biasanya di sajikan dengan nasi hangat dan banyak sekali hidangan perhiasan menyerupai kerupuk, sambal dan acar sesuai selera kita.

Bagi anda yang belum pernah mencobanya maka tidak ada salahnya untuk mencoba banyak sekali variasi gulai tadi. Selain untuk menambah pengalaman kuliner anda, sanggup juga untuk menambah wawasan ihwal ragam kuliner nusantara.

Sekian pembahasan ihwal “Kuliner Nusantara - Gulai” . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda ihwal ragam kuliner Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan kuliner jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya yakni Pecel Semanggi .  Apakah Pecel Semanggi itu? Pecel Semanggi yakni kuliner tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis kuliner pecel namun materi dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya . K arena memakai materi dasar daun semanggi dan bumbu yang dipakai terbuat dari ketela rambat sehingga mempunyai cita rasa yang khas.  Selain di Surabaya , Pecel Semanggi juga terdapat di kawasan lain di Jawa Timur , menyerupai di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan yakni dari bumbu dan materi pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel memakai bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang memakai ketela rambat sebagai materi dasarnya. Sehingga mempunyai rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan materi menyerupai kecambah dan kerupuk puli / kerup

Tari Muang Sangkal Tarian Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer dari Madura, Jawa Timur. Namanya yaitu Tari Muang Sangkal . Apakah Tari Muang Sangkal itu? Tari Muang Sangkal yaitu salah satu tarian tradisional masyarakat Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya. Tarian ini sering ditampilkan di banyak sekali program ibarat penyambutan tamu besar dan banyak sekali program susila lainnya. Tari Muang Sangkal ini merupakan tarian tradisional yang sangat populer dan menjadi salah satu icon seni tradisional dari Madura, Jawa Timur . Sejarah Tari Muang Sangkal Tari Muang Sangkal ini diciptakan oleh seorang seniman asal Sumenep, Madura, Jawa Timur berjulukan taufikurrachman. Tarian ini diciptakan sebagai rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang sarat akan karya dan keunikan didalamnya. Selain itu juga mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada jaman dahulu. Nama Tari Muang Sa

Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya yaitu Dawet Jabung . Apakah Dawet Jabung itu? Dawet Jabung yaitu minuman tradisional homogen dawet yang berasal dari kawasan Ponorogo, Jawa Timur . Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati ketika udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Ponorogo dan menjadi salah satu adegan dari masakan khas disana. Asal Dawet Jabung Minuman ini disebut Dawet Jabung sebab kawasan asalnya berjulukan Desa Jabung , yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo . Selain merupakan kawasan asal Desa Jabung juga populer sebagai pusat penjualan Dawet Jabung, sebab banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini