Langsung ke konten utama

Kuliner Nusantara - Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan salah satu masakan kawasan yang populer di Indonesia, dan merupakan salah satu kekayaan masakan nusantara.  Nasi pecel ialah masakan perpaduan antara nasi, sayur rebus dan bumbu kacang.

 Asal mula pecel masih belum di ketahui pastinya. Namun dari beberapa sumber, pecel berasal dari kawasan jawa timur. Karena disana banyak terdapat

warung yang menyajikan masakan satu ini. Nama pecel sendiri dalam bahasa jawa artinya ialah tumbukan, menyerupai yang sanggup kita lihat bumbu kacang yang di ulek atau di tumbuk itu menjadi ciri khas dari pecel. Rasa dari bumbu kacang tersebut yang menunjukkan rasa nikmat pada nasi pecel.

Pecel ialah masakan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk pauk dengan siraman bumbu sambal kacang. Sayuran yang gunakan antara lain ialah kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel biasa disebut sambal pecel. Sambal pecel tersebut terbuat dari gabungan kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut, dan kacang tanah  sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Untuk penyajiannya, biar menarik maka di sajikan dengan ganjal yang berbeda beda sesuai dengan ciri khas kota asal pecel tersebut. Untuk kesehatan, masakan satu ini tidak di ragukan lagi. Seperti salad, pecel mempunyai sayur – sayuran yang kaya akan gizi bagi badan kita. Bisa di bilang nasi pecel merupakan saladnya Indonesia.

Di Indonesia sendiri masakan satu ini menyebar di beberapa  daerah, kususnya di pulau jawa. Banyak variasi pecel yang sudah ada, yaitu dengan penyajiannya yang berbeda, lauk pauknya dan bahkan rasa yang berbeda namun masih memakai ciri khasnya yaitu bumbu kacang dan sayur – sayuran. Contohya menyerupai ini :

1.       Nasi pecel  pincuk madiun
Nasi pecel satu ini ialah salah satu yang  terkenal. Seperti namanya pecel ini merupakan pecel ciri khas dari madiun, jawa timur. Pecel ini biasanya di sajikan dengan daun pinsang yang di buat pincuk. Pecel satu ini memakai gabungan daun pepaya serta beberbagai sayuran rebus, petai cina dan di taburi serundeng kelapa dan kacang goreng. Aneka lauk sebagai pemanis menyerupai rempeyek, tahu dan tempe goreng, telur asin, hati ampela, dan lauk pauk lainnya. Yang membedakan pecel ini dengan lainnya ialah sayuran dan lauk pauk sereta penyajiannya.

2.       Nasi pecel malang
Pecel satu  ini merupakan pecel khas dari malang jawa timur. Sama menyerupai pecel lainnya, namun yang membedakan pecel ini dengan lainnya ialah bumbu kacangnya yang mempunyai cita rasa yang kuat. Untuk bumbu kacangnya mempunyai tekstur yang sedikit bergairah sehingga mempunyai sensasi kriuk pada bumbu kacangnya.

3.       Nasi pecel tumpang Kediri
Pecel satu ini merupakan pecel khas dari Kediri. Yang membedakan dengan pecel lainnya ialah dengan penyajian nasi tumpang yang menciptakan tampilan menarik. Selain itu, cita rasa bumbunya yang khas akan menambah kenikmatan pada nasi pecel satu ini.

4.       Nasi pecel tulung agung
Pecel dari tulung agung ini sama dengan pecel lainnya dengan bumbu  khas yang anggun dan pedas. Namun yang membedakan ialah hidangan lauk pauknya. Tidak menyerupai lainya, dengan lauk pauk yang aneka macam macam, pecel tulung agung ini tidak menyajikan lauk pauk menyerupai ayam, telur dan lain lain. Namun dengan tempe, rempeyek, kripik singkong dan lain- lain.

5.       Nasi pecel blitar
Pecel dari blitar ini sedikit unik, selain dengan bumbu yang khas pecel ini biasa di sajikan dengan serundeng atau rawon.

6.       Nasi pecel nganjuk
Nasi pecel dari nganjuk, jawa timur ini juga sedikit unik. Salah satu yang populer ialah nasi pecel bledek nganjuk. Sesuai dengan namanya yaitu bledek yang berarti menggelegar menyerupai petir, pecel ini merupakan pecel yang pedas sehingga terasa menggelegar di lidah.

Dari teladan di atas terlihat terperinci perbedaan nasi pecel dari aneka macam daerah. Yaitu dengan rasa yang berbeda dan cara penyajianya yang berbeda. Sebenarnya masih banyak macam nasi pecel yang ada di Indonesia yang patut untuk di coba dan mempunyai ciri yang berbeda pula. 

Bagi anda yang belum pernah mencoba, maka di sarankan untuk mencoba satu persatu jenis masakan satu ini. kenapa? Agar kita sanggup mengerti perihal kekayaan masakan negri kita ini dan gembira akan masakan nusantara.

Sekian klarifikasi perihal " Kuliner Nusantara - Nasi Pecel" , semoga bermanfaat dan menambah wawasan perihal kekayaan masakan nusantara kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan kuliner jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya yakni Pecel Semanggi .  Apakah Pecel Semanggi itu? Pecel Semanggi yakni kuliner tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis kuliner pecel namun materi dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya . K arena memakai materi dasar daun semanggi dan bumbu yang dipakai terbuat dari ketela rambat sehingga mempunyai cita rasa yang khas.  Selain di Surabaya , Pecel Semanggi juga terdapat di kawasan lain di Jawa Timur , menyerupai di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan yakni dari bumbu dan materi pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel memakai bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang memakai ketela rambat sebagai materi dasarnya. Sehingga mempunyai rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan materi menyerupai kecambah dan kerupuk puli / kerup

Tari Muang Sangkal Tarian Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer dari Madura, Jawa Timur. Namanya yaitu Tari Muang Sangkal . Apakah Tari Muang Sangkal itu? Tari Muang Sangkal yaitu salah satu tarian tradisional masyarakat Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya. Tarian ini sering ditampilkan di banyak sekali program ibarat penyambutan tamu besar dan banyak sekali program susila lainnya. Tari Muang Sangkal ini merupakan tarian tradisional yang sangat populer dan menjadi salah satu icon seni tradisional dari Madura, Jawa Timur . Sejarah Tari Muang Sangkal Tari Muang Sangkal ini diciptakan oleh seorang seniman asal Sumenep, Madura, Jawa Timur berjulukan taufikurrachman. Tarian ini diciptakan sebagai rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang sarat akan karya dan keunikan didalamnya. Selain itu juga mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada jaman dahulu. Nama Tari Muang Sa

Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya yaitu Dawet Jabung . Apakah Dawet Jabung itu? Dawet Jabung yaitu minuman tradisional homogen dawet yang berasal dari kawasan Ponorogo, Jawa Timur . Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati ketika udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Ponorogo dan menjadi salah satu adegan dari masakan khas disana. Asal Dawet Jabung Minuman ini disebut Dawet Jabung sebab kawasan asalnya berjulukan Desa Jabung , yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo . Selain merupakan kawasan asal Desa Jabung juga populer sebagai pusat penjualan Dawet Jabung, sebab banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini