Langsung ke konten utama

Umbut Rotan Makanan Tradisional Kalimantan Tengah

Rotan yang biasa di gunakan untuk materi kerajinan ternyata dapat juga di gunakan sebagai materi masakan. Salah satu masakan yang memakai rotan sebagai materi memasak yaitu Umbut Rotan.
Apakah Umbut Rotan itu? Yuk kita cari tahu di sini!
Umbut Rotan yaitu salah satu kuliner khas suku Dayak yang memakai rotan muda sebagai materi dasarnya. Makanan ini sangat populer di masyarakat Dayak, terutama di Kalimantan tengah. Dalam bahasa Dayak Maanyan Umbut Rotan dikenal dengan  uwut nang'e. Sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan juhu singkah.

Umbut Rotan awalnya di perkenalkan oleh masyarakat suku Dayak dan kemudian menyebar luas di Kalimantan tengah. Umbut Rotan ini sangat gampang di peroleh di hutan atau di tepi sungai, alasannya yaitu itulah masyarakat Dayak menggunakannya sebagai materi makanannya.

Dalam kuliner Umbut Rotan ini memakai rotan yang masih muda atau tunas yang tumbuh pada pangkal rotan. Sama menyerupai rebung pada bambu, tekstur pada rotan muda itu masih kenyal dan tidak keras menyerupai rotan yang sudah tua. Namun bedanya, Umbut Rotan ini hanya dapat di gunakan sebagai sayur, tidak menyerupai rebung yang dapat di gunakan sebagai materi kuliner lainnya. Rasa dari rotan muda sedikit pahit dan gurih, sehingga membutuhkan bumbu khusus dalam proses memasaknya.

Pada proses pembuatannya, pertama Umbut Rotan di bersihkan durinya, kemudian di kupas dan di buang kulitnya. Bagian dalam yang berwarna putih  dan lunak itu di ambil untuk di potong sesuai selera dan di masak bersama bumbu yang sudah di siapkan. Dalam proses memasak Umbut Rotan ini, bumbu yang di gunakan berupa bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, dan garam. Tentunya bumbu tersebut di olah dengan cara khusus sehingga rasa pada rotan tidak terasa kepahitannya.
Gambar :  Sayur Umbut Rotan
Dalam proses penyajiannya sedikit bervariasi, kita dapat menambahkan materi perhiasan dalam memasak Umbut Rotan tersebut menyerupai terong asam,cabe,ubi keladi dan tomat. Umbut Rotan ini biasa di sajikan dengan hidangan perhiasan menyerupai ikan bakar, ikan asin dan sambal. Untuk penyajiannya ini dapat di sesuaikan dengan selera kita.

Rasa dari masakan Umbut Rotan ini sangat unik apa bila kita memakannya dengan hidangan perhiasan tadi. Ada rasa gurih, asam dan sedikit pahit dari sayur Umbut Rotan. Selain itu bila di padukan dengan ikan bakar yang rasanya bagus dan sambal yang rasanya pedas maka akan timbul cita rasa yang unik.

Dalam perkembangannya, Umbut Rotan tidak hanya di gunakan untuk kuliner pokok masyarakat Dayak saja. namun seiring dengan perkembangan, kuliner khas satu ini telah menjadi masakan tradisional Kalimantan tengah, dan banyak warung kuliner khas Kalimantan tengah yang menyediakan Umbut Rotan. maka bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan tengah kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi kuliner khas satu ini.

Nah cukup sekian pengenalan ihwal masakan tradisional Umbut Rotan dari Kalimantan tengah. Semoga bermanfaat dan menambah referensi  anda ihwal kuliner tradisional di Indonesia. 

CINTAI DAN LESTARIKAN KULINER TRADISIONAL INDONESIA

Baca juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pecel Semanggi Makanan Tradisional Dari Surabaya, Jawa Timur

Makanan tradisional satu ini merupakan kuliner jenis pecel berbahan dasar daun semanggi yang khas dari Surabaya. Namanya yakni Pecel Semanggi .  Apakah Pecel Semanggi itu? Pecel Semanggi yakni kuliner tradisional dari Surabaya sejenis pecel yang terbuat dari daun semanggi. Walaupun merupakan jenis kuliner pecel namun materi dan rasaya berbeda dengan pecel pada umumnya . K arena memakai materi dasar daun semanggi dan bumbu yang dipakai terbuat dari ketela rambat sehingga mempunyai cita rasa yang khas.  Selain di Surabaya , Pecel Semanggi juga terdapat di kawasan lain di Jawa Timur , menyerupai di Banyuwangi dan Kediri. Namun yang membedakan yakni dari bumbu dan materi pelengkapnya. Jika kebanyakan pecel memakai bumbu kacang, maka berbeda dengan Pecel Semanggi Surabaya yang memakai ketela rambat sebagai materi dasarnya. Sehingga mempunyai rasa dan tekstur yang sangat berbeda. Selain itu, pecel Surabaya juga di tambahakan materi menyerupai kecambah dan kerupuk puli / kerup

Tari Muang Sangkal Tarian Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer dari Madura, Jawa Timur. Namanya yaitu Tari Muang Sangkal . Apakah Tari Muang Sangkal itu? Tari Muang Sangkal yaitu salah satu tarian tradisional masyarakat Madura yang dilakukan untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya. Tarian ini sering ditampilkan di banyak sekali program ibarat penyambutan tamu besar dan banyak sekali program susila lainnya. Tari Muang Sangkal ini merupakan tarian tradisional yang sangat populer dan menjadi salah satu icon seni tradisional dari Madura, Jawa Timur . Sejarah Tari Muang Sangkal Tari Muang Sangkal ini diciptakan oleh seorang seniman asal Sumenep, Madura, Jawa Timur berjulukan taufikurrachman. Tarian ini diciptakan sebagai rasa kepedulian para seniman terhadap kekayaan yang dimiliki oleh Madura yang sarat akan karya dan keunikan didalamnya. Selain itu juga mengangkat kembali sejarah kehidupan Keraton Sumenep pada jaman dahulu. Nama Tari Muang Sa

Dawet Jabung Minuman Tradisional Dari Ponorogo, Jawa Timur

Minuman tradisional satu ini merupakan jenis minuman dawet khas dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Namanya yaitu Dawet Jabung . Apakah Dawet Jabung itu? Dawet Jabung yaitu minuman tradisional homogen dawet yang berasal dari kawasan Ponorogo, Jawa Timur . Minuman ini sekilas hampir sama dengan es dawet pada umumnya, namun rasa dan penyajiannya sedikit berbeda. Selain rasanya yang khas, minuman ini juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk dinikmati ketika udara panas di siang hari. Dawet Jabung ini merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Ponorogo dan menjadi salah satu adegan dari masakan khas disana. Asal Dawet Jabung Minuman ini disebut Dawet Jabung sebab kawasan asalnya berjulukan Desa Jabung , yaitu suatu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo . Selain merupakan kawasan asal Desa Jabung juga populer sebagai pusat penjualan Dawet Jabung, sebab banyaknya penjual es Dawet Jabung disana. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat Dawet Jabung ini